Pages

Kamis, 21 Oktober 2010

TUGAS 2 : TEORI ORGANISASI UMUM 1

  • PERTANYAAN

1. Jelaskan Ruang lingkup ORMET ?

2. Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja ?

3. Apa sebab timbulnya organisasi informal ?

4. Apa yang dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’ ?


  • JAWABAN

1. Ruang Lingkup Organisasi dan Metode adalah :

· Analisis Organisasi (Organizational Analysis)

· Komunikasi dalam organisasi (Communication in Organization)

· Tata kerja, Tata aliran, dan sistem (Work methods, procedur & System)

· Pendayagunaan mesin kantor (Office mechine)

· Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan (Office layout and space planning)

· Kesimpulan akhir (Final Conclusion)

2. Pada hakikatnya, semua kebutuhan kita selama hidup ini pasti akan memerlukan uang. Semua pasti bersumber kepada uang. Tapi, sebenarnya yang menjadikan suatu motivasi bagi kita untuk bekerja adalah prestasi yang didapat dalam pekerjaan kita itu, suatu pengakuan. Memang, uang bisa menjadikan suatu motivasi tersendiri bagi kita untuk bekerja, karena semua kebutuhan kembali lagi bersumber kepada uang, sehingga untuk mendapatkan upah (dalam hal ini saya sebut "upah/gaji”) yang cukup besar dari suatu instansi maka kita pasti akan bekerja sekeras, serajin, dan sebaik mungkin, tetapi sebenarnya uang itu sebagai unsur kepuasan dalam bekerja (Frederich Herzberg).

3. Biasanya organisasi informal ini terbentuk karena unsur ketidak sengajaan, tanpa disadari sepenuhnya, sehingga terkesan tidak terstuktur seperti organisasi formal. Contohnya seperti pertemuan tidak resmi makan malam bersama, ini juga termasuk kategori organisasi, tapi tanpa kesadaran dari kita. Sulit menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi ini. Sifat eksak hubungan antar anggota, bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.

4. Jendela johari adalah suatu model atau teori yang digunakan untuk melihat self-awareness yang berkaitan dengan perilaku, perasaan, dan motif manusia, juga untuk mengenal diri, mengamati dan mengerti diri sendiri.Dicetuskan oleh Joseph Luft dan Harry, terdiri dari sebuah persegi yang terbagi menjadi empat kuadran, yaitu Open, Blind, Hidden, dan Unknown.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar