Pages

Senin, 19 Maret 2012

LEZATNYA KULINER BETAWI

          Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang bersatu menjadi kesatuan. Dengan adanya pulau-pulau tersebut, tentunya Indonesia akan sangat kaya dengan keanekaragaman budayanya. Masing-masing pulau memiliki pakem kebudayaannya sendiri-sendiri. Termasuk juga pada sektor kuliner-kuliner yang pastinya setiap daerah memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Setiap daerah memiliki kuliner-kuliner khas yang menjadi simbol. Dapat diambil contoh di salah satu pulau di indonesia, yaitu terdapat pulau Jawa provinsi DKI Jakarta. Terkenal dengan salah satu kuliner yang mempunyai ciri tersendiri adalah kuliner Betawi. Kuliner Betawi dapat ditemui di daerah DKI Jakarta tersebut, karena memang kebudayaan Betawi tersebut dimulai di daerah ini, yang tempo dulu dikenal dengan nama Batavia. Namun, rasa-rasanya sudah mulai sulit untuk menemukan kuliner asli Betawi ini. Salah satu contohnya adalah kerak telor. Jarang kita temui penjual kerak telor ini, bahkan di kota asli kerak telor ini berasal yaitu DKI Jakarta. Meskipun di beberapa tempat masih ada yang menjual kerak telor ini, tapi sangat sulit ditemui. 


          Di daerah Jakarta Selatan, kawasan Srengseng Sawah, tepatnya daerah wisata Situ Babakan yang merupakan pusat perkampungan Betawi. Di Situ Babakan kita bisa menemui jajanan dan kuliner Betawi yang saat ini sulit di dapat di kawasan perkotaan Jakarta, termasuk salah satunya kerak telor itu. Meskipun di beberapa pasar swalayan ada yang menjual kuliner-kuliner khas Betawi tersebut, tapi sangat jarang. Apa saja contoh dari kuliner khas Betawi lainnya ? akan kita bahas secara lanjut mengenail kelezatan kuliner asli Betawi, yang di menjadi masakan nomor 1 di DKI Jakarta, kota asli asal kuliner tersebut. Selain kerak telor, masih banyak lagi kuliner khas Betawi yang populer di kalangan Masyarakat. Ada yang namanya roti buaya, yang merupakan sebuah roti yang biasanya digunakan sebagai persembahan pada acara pernikahan Masyarakat adat Betawi. Asal usul dipakainya bentuk dan nama buaya pada kuliner adalah karena terinspirasi dari hewan buaya tersebut yang hanya menikah (kawin) sekali sepanjang hidupnya. Dari situ lah mengapa roti buaya ini selalu menjadi simbol pada persembahan untuk acara pernikahan adat Betawi. Seperti yang tadi sudah dikatakan, mencari roti buaya ini lumayan sulit (hanya untuk resep asli roti buaya ini), dan tidak semua toko roti termasuk toko-toko roti besar di Jakarta menjualnya, karena biasanya orang harus memesan terlebih dahulu roti buaya ini dan mungkin hanya industri rumahan saja yang khusus membuat roti buaya ini. Kemudian ada kuliner bernama kue kembang goyang, yang berbentuk seperti kembang-kembang. Sama dengan kerak telor, kembang goyang ini mulai sulit ditemui. Kuliner ini sangat pas untuk teman minum teh karena rasanya yang gurih. Asal usul penamaan kembang goyang ini karena cara pembuatannya yang menggoyangkan adonannya. Selain itu terdapat kuliner sayur gabus pucung, yang menggunakan ikan gabus yang notabene sulit diternakan. Sayur gabus pucung ini juga diketahui oleh sebagian Masyarakat Bekasi hingga Tambun dan Cibitung. Kemudian ada gado-gado Betawi, soto Betawi yang terkenal dengan kuahnya yang sangat gurih dan lezat, nasi uduk Betawi yang mungkin sekarang masih lumayan mudah didapatkan, kue dodol Betawi yang masih bisa ditemukan industrinya di daerah Condet, kue cucur, rangi dan masih banyak sekali kuliner Betawi yang belum disebutkan. 


          Seperti yang telah dikatakan tadi, sudah relatif sulit untuk menemukan kuliner-kuliner asli Betawi tersebut. Para penjual yang masih menggunakan resep-resep asli (termasuk penjual aslinya) kuliner Betawi ini juga sedikit sekali, karena kebanyakan dari para penjual sekarang ini tidak terlalu mengikuti aturan sesuai resep turun temurun. Bahkan ada beberapa kuliner Betawi yang zaman dulu (mungkin zaman-zaman kita semua sekolah dasar) sangat populer, tetapi di zaman sekarang ini sudah langka ditemukan atau tidak ada sama sekali. Setidaknya, ada beberapa industri rumahan atau industri besar yang masih membuat atau mempertahankan resep asli kuliner-kuliner khas Betawi ini. Sudah terbukti bahwa kuliner Betawi mempunyai ciri khasnya tersendiri sebagai makanan simbolik warga Jakarta, dan sekaligus memperkaya keanekaragaman cita rasa masakan di Indonesia ini. Dan tentunya, rasa kuliner Indonesia termasuk kuliner Betawi ini juga tidak kalah dengan kuliner yang berasal bukan dari lokal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar