Pages

Senin, 08 November 2010

TUGAS 3 : TEORI ORGANISASI UMUM 1

  1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui
  2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal
  3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi
  4. Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja

JAWABAN

  1. Gaya kepemimpinan merupakan suatu gaya / cara memimpin suatu pimpinan untuk mempersuasi bawahannya. Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda yaitu :

· Otokrasi -> pemimpin cenderung menjadi pribadi dalam pujian dan kecamannya pada setiap anggota. Cenderung tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan.

· Demokratis -> para anggota bersifat bebas. Dalam artian bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilh dan pemimpin bersifat obyektif. Cenderung berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan.

· Laissez Faire -> suatu gaya kepemimpinan yang pimpinan sama sekali tidak berpartsipasi dalam penentuan tugas (partisipasi pimpinan sangat minim), sesuai dengan arti dari Laissez-faire itu sendiri dalam frase bahasa Perancis yaitu ”biarkan terjadi” atau secara harfiah ”biarkan berbuat”, minim campur tangan pimpinan. Cenderung tidak berpengaruh pada motivasi dalam pekerjaan.

  1. Organisasi informal merupakan suatu organisasi yang tidak terstuktur secara resmi, yaitu suatu organisasi yang terbentuk karena unsur ketidaksengajaan. Justru karena faktor ketidaksengajaan inilah yang akan meningkatkan rasa kebersamaan kepada semua anggota organisasi informal ini. Dan keuntungan dari organisasi ini adalah pemimpin dipilih sesuai kesepakatan bersama anggota, dengan kata lain diplih berdasar musywarah secara mufakat sehingga semuanya berkesan adil, tanpa ada unsur paksaan. Jadi, dengan adanya organisasi informal diluar organisasi yang formal, sebuah pekerjaan juga dapat cepat terselesaikan, karena kita dapat bebas bekerja sesuai yang kita kehendaki (tapi masih dalam lingkup terstuktur), dalam artian kita bekerja tidak akan kaku dan bisa luwes dibandingkan organisasi yang diharuskan berjalan secara formal yang terkesan kaku dan mematuhi sebuah aturan-aturan yang resmi sekali.

  1. Bagan struktur organisasi :

· Segitiga vertikal

· Segitiga horizontal

· Kerucut vertikal horizontal

· Lingkaran

· Setengah lingkaran

· Oval

  1. Dalam Organisasi diperlukan suatu tata kerja, sistem kerja, dan prosedur kerja agar suatu organisasi tersebut tidak menjadi berantakan dan bisa terstuktur. Tata kerja merupakan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau mencapai tingkat efisien yang maksimal. Sedangkan sistem kerja lebih mengarah ke suatu susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga terbentuk pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan prosedur kerja merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan dengan baik mengenai asalnya, mau mengarah kemana, kapan terselesaikannya suatu pekerjaan itu ataupun alat-alat yang akan dipakai dalam pelaksanaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar