Pages

Minggu, 06 Maret 2011

TUGAS 3 : TEORI ORGANISASI UMUM 2

1) Pengertian produsen

2) Fungsi-fungsi produksi

3) Macam-macam biaya

4) Penerimaan / keuntungan :

· Total

· Marginal

· Rata-rata


JAWABAN


1) Sebuah produk dihasilkan oleh seseorang yang disebut produsen. Contohnya seperti sebuah gerabah (yang merupakan produk) dihasilkan oleh seorang pengrajin gerabah yang bisa disebut sebagai produsen. Produsen adalah orang/badan yang berfungsi sebagai pihak yang menyediakan/menghasilkan barang/jasa.

2) Seiring dengan semakin banyaknya penduduk dan majunya peradaban, demikian pula dengan kebutuhan, cara hidup, dan teknologi, ditambah dengan terjadinya globalisasi ekonomi mendorong kegiatan produksi ditujukkan untuk memenuhi pasar internasional sehingga dituntut untuk menciptakan barang yang berkualitas agar mampu bersaing. Dengan memproduksi barang/jasa akan terbuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan. Pendapatan yang meningkat mendorong pertumbuhan ekonomi yang akhirnya dapat meningkatkan kemakmuran. Oleh karena itu, ada beberapa fungsi produksi, yakni :

· Memperbanyak jumlah barang/jasa

· Menghasilkan barang/jasa yang berkualitas tinggi

· Memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman

· Mengganti barang yang rusak atau habis

· Memenuhi pasar dalam negeri untuk kebutuhan perusahaan dan rumah tangga

· Memenuhi pasar internasional

· Mendapatkan keuntungan

· Meningkatkan kemakmuran

Beberapa hal yang saya paparkan diatas tadi, memang merupakan beberapa fungsi dari produksi, tetapi yang disebut dengan fungsi produksi yang sebenarnya adalah hubungan fungsional yang terdapat antara input (merupakan sebab) dan output (merupakan akibat). Hubungan antara input dan output dapat digambarkan seperti ini :


3) Menurut Mulyadi (2005:14), terdapat berbagai macam biaya dalam satu perusahaan :

· Biaya produksi -> merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual.

· Biaya pemasaran -> merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk.

· Biaya administrasi dan umum -> merupakan biaya-biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk.

4) Untuk memperoleh keuntungan, produsen selalu membandingkan biaya produksi dengan penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan outputnya. Untuk mengetahui perilaku produsen dalam memperoleh penerimaan, ada beberapa konsep penerimaan yang penting untuk keperluan analisis, yakni :

· Penerimaan Total (Total Revenue, TR) -> merupakan penerimaan total produsen yang diperoleh dari hasil penjualan outputnya, dan diperoleh dengan memperhitungkan output dikalikan harga jualnya. Dalam rumus dituliskan seperti berikut ;


· Penerimaan Rata-Rata (Average Revenue, AR) -> merupakan penerimaan produsen per unit dari output yang dijualnya. Dalam rumus dituliskan seperti berikut ;

· Penerimaan Marginal (Marginal Revenue, MR) -> merupakan kenaikan dari total penerimaan yang disebabkan oleh tambahan penjualan satu unit output. Dalam rumus dituliskan seperti berikut ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar