Pages

Jumat, 07 Juni 2013

Intro: JKT48 Phenomenon

Halo sobat dunia maya ! Kembali bersama Saya, Toni Anugrah Mahesa di sini. Sudah cukup lama sekali sepertinya Saya tidak posting di blog ini, dikarenakan Saya sibuk untuk masalah tugas-tugas(s) perkuliahan yang sepertinya setiap hari melakukan looping tanpa ada batas end loop (Yap, karena Saya Mahasiswa komputer, maka saya mengambil analogi statement perulangan, hehe. *cie gitu) dan saya juga disibukkan oleh skripsi di mana Saya bertekad untuk lulus Kuliah tahun ini (Wish me luck brur ! Amin... ). Di sela-sela kesibukan Kuliah ini, Saya suatu cara untuk sejenak menghilangkan penat dari dunia perkuliahan. Cara baru yang sudah sekitar setahun lalu Saya pakai hanya sebatas untuk mencari hiburan lain, mencari kesenangan pribadi dan... menghilangkan stress, penat dari masalah pekerjaan dan kuliah seperti yang sudah Saya katakan tadi.

Cara baru itu adalah.... pergi ke theater. Bukan, ini bukan theater bioskop yang biasanya. Ini bukan theater yang menyajikan pertunjukan drama musikal, bukan theater yang menayangkan film-film baru box office dari luar Negeri, dan juga bukan theater yang menayangkan film-hantu-horror-semi-porno-dengan-judul-film-yang-absurd dari dalam Negeri (hehe, muak Saya dengan film horror (katanya) dalam Negeri yang... ya pasti sudah tau lah ya). Okay, off to our main topic. Pada posting-an kali ini, Saya mengambil mengenai topik yang sekarang sedang menjadi fenomena di kalangan pecinta kebudayaan Jepang, Remaja, Anak-anak dan berbagai kalangan. Fenomena yang "didatangkan" dari Jepang, yang bahkan di Jepang sendiri fenomena itu sekarang masih berlanjut dan mencapai tingkat kesuksesan tinggi. Yap, sekarang siapa yang tidak tahu JKT48 ? Setidaknya, pasti pernah melihat di TV ataupun melihat dan mendengar perbincangan mengenai JKT48  ini.
AKB48 Logo
JKT48 Logo
Akan Saya jelaskan sedikit mengenai JKT48. Berasal dari fenomena 48 yang berasal dari Jepang, yaitu didahului oleh AKB48. AKB48 merupakan sebuah idol group yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto sebagai "founding father". Berbasis di Akihabara, Tokyo (inisial AKB diambil dari AKihaBara, 48 hanya sebuah nama "produk"). Memegang konsep "idols you can meet" dan "berkembang bersama fans". Konsep yang cukup unik dan belum pernah ada sebelumnya menurut Saya. Maksud dari "idols you can meet" adalah idola yang dapat ditemui fans setiap hari (atau dengan mudah ditemui), karena AKB48 memiliki theater tersendiri untuk mementaskan perform mereka. Dan "berkembang bersama fans" yang kurang lebih maksudnya adalah seorang idola yang memulai dari titik 0, yang mungkin belum memiliki keahlian menari bahkan menyanyi, tidak memiliki fans sama sekali awal-awalnya, melihat bagaimana perkembangan performa para member AKB48 dari waktu ke waktu seiring dengan semakin dikenal dan diterimanya mereka ke khalayak umum, hingga sampai seperti sekarang ini. Jadi, dengan adanya theater, para fans dapat menyaksikan bagaimana perjalanan para member berjuang dari titik awal sampai ke puncak seperti sekarang ini (tentunya bagi fans yang mengikuti perjalanan mereka benar-benar dari awal).
AKB48 sendiri mempunyai beberapa sister group di Jepang-nya sendiri, seperti SKE48 (berbasis di Sakae, Nagoya), NMB48 (berbasis di Namba, Osaka), HKT48 (berbasis di Hakata, Fukuoka) dan "rival group" Nogizaka46 yang juga berbasis di Tokyo. Untuk di luar Jepang, JKT48 ini lah yang menjadi sister group pertama AKB48 yang berada di luar Jepang, diikuti dengan SNH48 (Shanghai) dari China, dan TPE48 (Taipei, tapi belum melakukan debut). Oke, kembali lagi ke pembahasan mengenai theater. Seperti dengan sister group lainnya, JKT48 juga memiliki theater sendiri, yaitu berada di f(X) lantai f4 Sudirman, di Jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta. Theater JKT48 diresmikan sekitar pertengahan Agustus 2012. Sebelum terdapat theater permanen, JKT48 menampilkan aksi "theater live"-nya di Gedung Nyi Ageng Serang, Pasar Festival  Kuningan (disingkat Pasfes, sekarang menjadi Plaza Festival) pada pertengahan Mei 2012 (pertunjukan perdana theater live JKT48) dan Studio 7 Pasaraya Grande Blok M pada pertengahan Juni dan Juli 2012 (pertunjukan kedua dan ketiga theater live JKT48).
Untuk pertujukan perdana tersebut Saya tidak menyaksikannya, karena waktu itu saya masih belum terlalu menaruh "perhatian" pada JKT48. Pertama kali Saya mengetahui perihal JKT48 ini melalui program acara mereka yang disiarkan di TV, yaitu JKT48 school. Saya masih sangat awam mengenai dunia idol 48 ini. Sehingga, saat melihat pertama kali acara mereka dan beberapa perform mereka di TV, Saya berpikir bahwa mereka sama saja dengan girlband kebanyakan (kebetulan pada saat itu fenomena girlband/boyband sedang menjadi highlight di Indonesia akibat "Hallyu Wave"). Namun, setelah Saya melakukan beberapa riset dengan surfing the net, akhirnya Saya tahu bahwa konsep mereka ini unik dan sangat berbeda dengan konsep girlband yang sedang menjadi trend di Indonesia kala itu. Konsep yang menurut Saya baru pertama kali ada/diimplementasikan di Indonesia yang mengusung konsep yang sama dengan sister group-nya di Jepang. Memberikan warna baru pada dunia entertainment dan musik di Indonesia. 
Baik, cukup sampai disini pembukaan mengenai JKT48 ini. Untuk post selanjutnya akan Saya ungkapkan bagaimana pengalaman Saya menonton theater mereka, mengikuti berbagai event mereka dan mengenai member yang saya dukung saat pertama kali melihat dia (ehm..). Intinya, JKT48 has been coloring my day dan yang terpenting... MEREKA LAYAK UNTUK DIDUKUNG :)

Sumber:

  1. stage48.net
  2. en.wikipedia.org/wiki/JKT48
  3. jkt48.com/
  4. sumber gambar: https://plus.google.com/u/0/+JKT48/posts
  5. sumber gambar: https://plus.google.com/+AKB48/posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar